Rabu, 09 Agustus 2017

Kawasan Hutan Mangrove Kab. Supiori Desa Ababiaidi

Kawasan Hutan Mangrove di kampung ababiaidi supiori selatan,..!

kawsan hutan ini masih sangat alami dan asri, namun sering mengalami pengrusakan oleh masyarakat setempat yang masih mengambil atau menggunakan batang pohon mangrove sebagai bahan baku pembuatan rumah dan kayu bakar.

Dengan demikian luas hutan ini menjadi berkurang, yang dulunya sekitar 5 hektar lebih sekarang menurun drastis menjadi.... sekirar 3 hektar saja...

Hal ini sangat di sayangkan, dimana hutan mangrove ini dapat di jadikan sebagai tempat pemijahan bagi ikan - ikan kecil dan juga sebagai penahan abrasi pantai... 
juga dapat di jadikan sebagai sumber devisa lain bagi daerah setempat yaitu tempat wisata mangrove yang sangat menarik, hutan mangrove bukan hanya tempat perlindungan bagi hewan air saja namun juga sebagai tempat betengger satwa - satwa lainnya seperti beberapa jenis burung, dan reptil. 

upaya yang dilakukan pemerintah pada saat ini sudah sangat mendukung yaitu dengan adanya undang - undang konservasi dengan, demikian ini menjadi sebuah regulasi yang baik dalam upaya penaganan dan perlindungan terhadap sumberdaya hutan mangrove maupun sumberdaya laut dan pesisir lainnya. 

pesan bagi seluruh masyarakat yang ada di kabupaten Supiori terlebih khusus kampung ababiaidi bahwa sumberdaya laut bukan hanya terumbu karang saja, melainkan masih ada sumberdaya lain yang harus turut di jaga yaitu hutan mangrove dan padang lamun, dengan terpeliharanya ke dua sumberdaya ini maka kesaimbangan ekosistem pun terus terjaga secara alami, sebab hubungan atara ekosistem itu sangat mendukung antara yang satu dan yang lainnya, jika salah satu rusak maka tidak ada keseimbangan lagi...! 



semuelkorwa@gmail.com/081240337609

Tidak ada komentar:

Posting Komentar